Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kebun raya kendari


Kebun raya kendari merupakan salah satu destinasi unggulan kota kendari, bertempat di Desa Nanga-nanga, Kecamatan Poasia, Kendari. Wisata alam yang dikemas kekinian ini telah menarik banyak orang, selain lokasinya yang dekat, suasana yang ditawarkanpun masih sangat alami, menikmati udara hutan, aliran sungai, spot selfie bahkan pengujung juga bisa belajar tentang beraneka ragam flora fauna yang berada disekitar kebun raya. Kebun raya seluas 96 Hektar ini disiapkan untuk berbagai macam tanaman diantaranya adalah flora khas sulawesi tenggara seperti ruruhi (sisgium sp), lobe-lobe, singi. 

Ada 7,000 jenis tanaman yang telah ditanam diarea kebun ini, bisa anda temukan di taman taman yang telah diatur rapih dan memudahkan pengunjung untuk melihat lebih dekat, beberapa tanaman telah diberi keterangan jenis, nama daerah, dan nama latin. tak heran jika diakhir pekan, tempat ini ramai dikunjungi oleh orang tua yang membawa anak, selain bermain, mereka juga mendapatkan ilmu pengetahuan. 

Sampai sekarang, pemerintah kota kendari masih berbenah dalam pembangunan sarana yang nanti dapat digunakan oleh siapa saja. mulai dari tempat penginapan, mushola, tempat parkir, flyng fox, tubing, dan berbagai macam permainan lainnya yang telah dirancang pembangunannya dalam tahun ini. 

Kendala yang ada saat ini adalah akses jalan yang belum layak, dari kantor Gubernur Sultra, kondisi aspal sudah sangat hancur, sisi kanan jalan yang masih pengerasan juga sudah mulai banyak lubang. walaupun pengaspalan telah dikerjakan di jalan masuk kebun raya, namun jalan poros yang menuju ke lokasi kebun raya sangat meresahkan. semoga secepatnya sudah bisa diperbaiki, sehingga dapat meningkatkan jumlah wisawan. 

Akses ke lokasi ini hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit berkendara  atau kurang lebih 14 KM dari pusat kota (tugu mtq)