Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Destinasi Prioritas Indonesia

Wisatawan asing di Bali memang tidak bisa dipungkiri kalau jumlahnya sudah sangat padat. Tidak hanya wisata alam, bali juga menawarkan wisata budaya yang masih kental juga menjadikan bali sebagai tujuan wisata paling diminati wisatawan mancanegara.

Karena Indonesia negara kepulauan, sehingga perlu untuk mempromosikan destinasi lainnya yang tak kala menarik dengan Bali. 

Dari 34 provinsi, pemerintah dalam hal ini kementrian pariwisata mencoba menjadikan destinasi lainnya seperti bali, yang diwujudkan dengan program 10 destinasi prioritas.

Tujuannya, selain meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara juga bisa mengurai padatnya wisatawan yang adda dibali. 

Sehingga diharapkan setelah para wisatawan mengunjungi bali, mereka juga bisa mengunjungi destinasi lainnya yang menjadi prioritas. Berikut daftar 10 Destinasi yang diprioritaskan.

1. Danau Toba di Sumatera Utara

Bagi masyarakat Indonesia, nama danau yang punya Pulau Samosir di tengahnya ini pasti sudah familier. Apalagi Danau Toba cukup sering disebut dalam buku pelajaran IPS SD. 

Di sini Anda bisa melakukan beragam aktivitas menarik seperti berlayar ke Pulau Samosir, mengenal sejarah Batak dengan mengunjungi situs-situs masa lalu, berjumpa dengan boneka Sigale-gale, dan kalau berkunjung di bulan yang tepat Anda bisa berpartisipasi dalam Festival Danau Toba (hasil kerja sama dengan kementerian).

2. Tanjung Kelayang di Bangka Belitung

Belitung punya banyak daya tarik wisata. Mulai dari rekreasi bentang alam hingga wisata kultural, sebut saja Pulau Lengkuas, Museum Laskar Pelangi, replika SD Muhammadiyah Gantong, dan tak ketinggalan Tanjung Kelayang yang menjadi sorotan kita kali ini. 

Tanjung Kelayang merupakan salah satu pantai andalan milik Belitung. Seperti pantai-pantai lain di Belitung, Tanjung Kelayang pun memiliki perairan yang jernih. 

Di sini, secara periodik akan berdatangan banyak perahu yacht dari mancanegara yang singgah dalam rangka memeriahkan Sail Indonesia. Lokasinya berada 27 kilometer di utara kota Tanjungpandan.

3. Tanjung Lesung di Banten

Banten punya kawasan pantai yang tidak kalah dengan yang dimiliki oleh Indonesia timur, Tanjung Lesung. 

Kawasan yang sekarang masih terus dikembangkan ini rencananya bakal memiliki beragam fasilitas edukasi seperti Tanjung Lesung Flora Fauna Leisure Park, Badui Village, hingga kebun binatang. 

Selain itu, Tanjung Lesung juga memiliki interkoneksi yang mudah dijangkau ke Ujung Kulon maupun Anak Gunung Krakatau.

4. Kepulauan Seribu di Jakarta

Kepulauan Seribu memiliki banyak pulau yang bisa dieksplorasi. Sebut saja Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Pari, dan sebagainya. 

Selama ini, kepulauan ini belum memperoleh sorotan yang layak dari para wisatawan. Masuknya Kepulauan Seribu ke dalam daftar ini menjadi awal yang positif sehingga ke depan potensi-potensi pariwisata di sini bisa dikenal luas. 

Beragam aktivitas bisa dilakukan di sini, mulai dari berkunjung dari satu pulau ke pulau lain, snorkeling, diving, maupun berburu matahari terbit/tenggelam. Bahkan secara fasilitas yang dimiliki, kepulauan ini bisa dikatakan komplit, mulai dari penginapan model homestay maupun hotel hingga kemudahan akses transportasi.

5. Borobudur di Jawa Tengah

Tidak perlu diragukan lagi, candi Buddha terbesar di dunia ini memang selalu menarik banyak rasa penasaran turis. 

Sejak dijadikan Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1991, Borobudur selalu ramai pengunjung. Selain melihat candi yang lengkap dengan patung dan stupanya, berwisata di sini juga akan semakin wah karena didukung oleh bentang alam cantik yang mengelilinginya. 

Dan di waktu-waktu tertentu, suasana Borobudur menjadi semakin luar biasa ketika sedang dijadikan sebagai tempat ritual umat Buddha yang dipuncaki dengan acara pelepasan lampion.

6. Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur

Karena Indonesia memang dikelilingi cincin api, tidak lengkap rasanya daftar ini tanpa adanya wisata pegunungan. 

Kompleks Bromo Tengger Semeru ini selalu menjadi incaran para pendaki gunung maupun wisatawan yang suka berpetualang di alam. Gunung Semeru memiliki danau super terkenal bernama Ranu Kumbolo yang letaknya berada di ketinggian 2.400mdpl. 

Namun begitu, saking banyaknya pengunjung yang berdatangan, Taman Nasional ini pun secara berkala melakukan pemulihan ekosistem yang berdampak pada penutupan akses. Cara terbaik sebelum mengunjungi Bromo Tengger Semeru adalah dengan mengecek terlebih dahulu pembaruan di laman daring resminya.

7. Wakatobi di Sulawesi Tenggara

Pesona bawah laut Taman Nasional Wakatobi tidak bisa disangsikan. Wakatobi memiliki cakupan wilayah seluas 1,4 juta hektare di mana 900.000 hektare di antaranya terdiri dari batuan koral tropis beraneka warna tempat hidup jutaan spesies laut. 

Di dunia, Wakatobi terkenal karena disebut sebagai ekosistem beragam karang laut dan spesies ikan terbanyak di dunia.

8. Pulau Morotai di Maluku Utara

Pulau Morotai disebut-sebut sebagai “mutiara di bibir Pasifik”. Julukan tersebut bukan tanpa alasan sebab lokasinya memang berada di utara Pulau Halmahera, Maluku Utara. Serupa dengan Wakatobi, Morotai juga terkenal dengan keindahan bawah lautnya. 

Tidak heran kalau kemudian banyak wisatawan yang melakukan aktivitas menyelam di sini. Hal yang lebih menarik adalah Morotai menyimpan artefak sejarah Perang Dunia II secara apik. Di era itu, Morotai digunakan sebagai basis pertahanan udara yang diperebutkan secara sengit oleh Amerika dan Jepang.

9.  Mandalika di Nusa Tenggara Barat

Pantai Mandalika mungkin masih asing terdengar di telinga wisatawan domestik. Namun, jangan salah, pesona Mandalika sudah banyak diketahui oleh turis-turis asing. Terutama yang sebelumnya habis singgah di Bali. 

Pantai yang terletak di Lombok ini sudah menyediakan tempat-tempat persewaan papan selancar, toko-toko cinderamata, dan pesona pemandangan yang begitu cantiknya. Dibandingkan pantai-pantai lain di NTB, Mandalika sampai hari ini masih menjadi yang terpopuler.

10. Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur

Terakhir dari daftar ini adalah Labuan Bajo yang pamornya semakin melejit, tidak hanya bagi turis domestik tetapi juga mancanegara. Ini adalah pelabuhan yang terletak di ujung barat Pulau Flores dan merupakan pintu masuk ke Taman Nasional Komodo. 

Di sini pengunjung bisa menikmati keindahan bawah laut dengan melakukan aktivitas berenang, snorkeling, berlayar, maupun hanya duduk-duduk menikmati keindahan panoramanya.

10 destinasi diatas perlu kamu coba untuk menjadwalkan waktu liburanmu. pilih satu atau dua destinsinya dan rencanakan perjalananmu dari sekarang.