Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keindahan Danau Biru Kolaka Utara


genpisultra.my.id - Sulawesi tenggara memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Kondisi geografis dan bentang alam yang begitu unik menjadikan sultra kaya dengan destinasi wisata. Salah satunya ada di Kabupaten Kolaka Utara yang memiliki spot wisata yang sangat indah bernama Danau Biru.

Danau Biru merupakan salah satu objek wisata air yang berada di Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi tenggara, atau lebih tepatnya berada di Desa walasiho Kec. Wawo Kab. Kolaka Utara.

Untuk sampai ke lokasi ini Sobat wisata bisa menempuh perjalanan darat dari Bandar Udara Sangia Nibandera yang terletak di Desa Tanggetada kabupaten kolaka dengan waktu perjalanan selama 3 jam. 

Meskipun perjalanan yang ditempuh sangat jauh dan memakan waktu sangat lama, semua rasa lelah tersebut dapat terbayar setelah Sobat wisata melihat keindahan dari Danau Biru ini. Sesuai namanya, air yang ada di danau ini memang terlihat sangat biru. Bahkan Sobat wisata bisa melihat dasar bebatuan di dasar danau saking beningnya.

Nggak hanya Danau Biru saja yang indah, namun pemandangan sekitar danau juga pasti akan membuat kagum siapapun yang melihatnya. Danau Biru ini dikelilingi oleh batu batu tebing yang dipenuhi oleh pepohonan yang sangat rimbun sehingga sangat tepat untuk dijadikan tempat bersantai bersama keluarga.

Nah, ternyata terdapat dua lapisan air di sini, dimana lapisan permukaan merupakan air laut asin sedangkan pada bagian dasar danau merupakan air tawar. Dua jenis air inilah yang membuat danau memiliki lapisan pemisah sehingga air di danau dapat memantul. Selain itu air ini membuat danau memiliki dua rasa air yang berbeda. 

Hal menarik lainnya dari Danau Biru adalah airnya yang begitu tenang sehingga cocok untuk untuk berenang. Meskipun terlihat dangkal, tetapi Sobat wisata harus tetap waspada karena kedalaman danau ini sebenarnya mencapai 7 sampai 8 meter.

Sampai saat ini, fasilitas penunjang yang ada disini seperti, kamar ganti dan area parkir yang luas. Akses ke danau juga sudah dilengkapi pengaman, jadi untuk tracking dari parkiran ke danau sobat wisata akan merasa aman. 

Danau Biru menjadi destinasi wisata yang wajib untuk Sobat wisata kunjungi. Apalagi jika Sobat wisata berada di sulawesi tenggara. Jadi, nggak ada salahnya untuk memasukkan Danau Biru ini ke dalam daftar kunjungan.