Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mau Liburan Ke Labengki, Ini 6 Tipsnya


Siapa yang tak mau melewatkan waktu libur di Labengki Sulawesi Tenggara? Lautnya indah dan jernih. Pulau Labengki layak disebut sebagai salah spot landscape terbaik di Indonesia. Pulau ini berada di Kebupaten Konawe Utara, Sulawesi tenggara yang dapat ditempuh selama 2 jam dari dermaga soropia konawe. 

Pulau Labengki punya banyak tempat-tempat yang instagramable. Ada spot miniatur raja ampat, teluk cinta, laguna, pasir panjang dan banyak lagi spot terbaik lainnya. Sebelum pergi ke sana, baca dulu 5 tips liburan ke pulau Labengki, agar liburan kamu makin menyenangkan:

1. Wajib bawa dry bag
Pertama, karena kita mau liburan ke pulau maka alangkah baiknya menyiapkan dry bag. Tas anti air yang berguna sebagai tempat kamu menyimpan gadget, ponsel, kamera, dompet dan barang-barang berharga lainnya. Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati, barang-barang berharga kamu tersebut akan lebih aman saat disimpan di dalam dry bag. Jika dry bag terjatuh ke air, tak perlu khawatir, karena tidak akan basah bagian dalamnya. Namun jika tas pinggang biasa atau semacamnya jatuh ke air dan di dalamnya banyak barang berharga, bisa celaka!

2. Siapkan sunblock
Di pulau Labengki, matahari bersinar cukup terik. Apalagi, banyak kegiatan yang akan kita lakukan seperti berenang maupun snorkling. Saat matahari sedang terik-teriknya, saat itu juga sebenarnya daya pandang di dalam air sedang bagus. Perairan di sekitar pantai pun terlihat sangat jernih bak kristal. Sebaiknya, siapkan sunblock untuk melindungi kulit kamu dari teriknya matahari. Bukan soal kulit menjadi hitam, tapi kulit kamu bisa terbakar dan terlihat pecah-pecah dan nantinya akan terkelupas, sehingga bisa merusak aktifitas keseharianmu.

3. Istirahat yang cukup
Perjalanan ke pulau Labengki cukup menguras stamina. Harus terbang dulu naik pesawat, lalu lanjut naik mobil dan kapal. Waktunya bisa berjam-jam, di atas 5 jam lebih. Benar-benar cukup melelahkan. Oleh sebab itu, siapkan dulu stamina yang fit sebelum pergi ke Pulau Labengki. Makan teratur dan istirahat yang cukup, jangan sampai kamu malah sakit-sakitan di perjalanan dan kurang menikmati Labengki dengan maksimal.

4. Dengarkan arahan dari pemandu wisata
Bagi traveler yang pergi bersama operator tur lokal, akan disiapkan beberapa pemandu wisata. Jangan segan dan malu untuk bertanya segala hal informasi kepada mereka, biar wawasan kamu mengenai Labengki pun bertambah. Yang terpenting nih, dengarkan dan patuhi apa-apa saja larangan dan imbauan yang mereka berikan selama perjalanan. Pulau Labengki itu liar, artinya kita bermain di alam. Tidak boleh sembarangan berenang dan tidak boleh sembarangan menjelajahi pulau-pulau yang  tak berpenghuni. Ini demi keselamatan diri kita sendiri.

5. Tetap jaga kebersihan
Alam Pulau Labengki masih terjaga keasliannya. Lautannya masih bersih, airnya jernih dan pantainya masih eksotis. Kita pun akan mudah melihat penyu yang berenang di dalam air, yang menandakan lautan di sana cukup 'sehat'. Maka dari itu, kita sebagai traveler juga harus turut andil dalam menjaga kebersihan dan kelestarian Pulau Labengki ini. Lakukan dari hal yang kecil, seperti tidak membuang sampah sembarangan, tidak membunuh satwa atau menyentuh terumbu karang, serta saling mengingatkan sesama wisatawan agar tidak merusak alam. Ayo, jadi traveler yang baik ya! 

6. Tips lainnya
Untuk memudahkan perjalananmu ke Labengki, kamu bisa menggunakan jasa paket wisata lokal yang banyak tersedia secara online. Ada beberapa situs trip murah untuk ke pulau tersebut. Beberapa di antaranya adalah labengki.com, jelajahsultra dan Fun-adventure.

Sebagai contoh, jelajah sultra biasanya mematok tarif sekitar Rp1,3 juta per orang. Dengan tarif segitu, kamu sudah bisa menikmati fasilitas akomodasi selama trip berupa penginapan 3 hari 2 malam, alat snorkeling dan pelampung, tiket masuk ke tempat wisata, serta masih banyak lagi yang lainnya. Semoga dengan tips ini, liburan ke Labengki kalian akan semakin menyenangkan.