Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Travelling ke pulau Wakatobi ala backpacker? Bisa banget


Siapa yang tak kenal pulau cantik yang satu ini. Wakatobi adalah singkatan dari masing masing pulau, dimulai dari pulau Wanci Kalidupa Tomia dan Binongko. Pulau Wakatobi yang terletak di kabupaten wakatobi Sulawesi tenggara merupakan surganya para pecinta diving. Taman bawah lautnya paling diminati wisatawan asing terutama para diver kelas dunia. Tak salah jika Wakatobi masuk dalam 10 destinasi prioritas di indonesia. Selain diving kamu dapat menikmati pantainya yang putih dan bersih bebas sampah, serta dapat menyaksikan kehidupan asli orang bajo. Untuk backpacker seperti kamu destinasi Pulau Wakatobi adalah pilihan yang cocok. Di pulau ini sinyal 4G sudah bagus. Penginapannya juga tergolong murah dibandingkan Bali dan Lombok.

Untuk kamu yang berada di luar Pulau Sulawesi, biaya terbesar untuk wisata ke Pulau Wakatobi adalah biaya transportasi. Kota terdekat untuk mencapai Pulau adalah kota kendari. Penerbangan ke wakatobi lebih murah sehingga kamu harus rajin cek harga pesawat yang sedang promo ke kabupaten ini. Harga tiket pesawat dari kendari ke wakatobi mulai dari Rp. 550.000 

Jika kamu mau lebih irit, pertama kamu menuju kota kendari. Kemudian menggunakan kapal kendari wakatobi yang ditempuh selama 9 – 10 jam, harga tiket penumpang sebesar Rp 230.000. Setibanya di pulau wanci sobat wisata sudah mudah untuk mengakses pulau pulau lainnya menggunakan kapal reguler. Memang perjalanan menggunakan kapal sangat lama waktunya, tapi namanya backpacker harus meminimalisir biaya.

Namun demikian lamanya perjalanan akan terbayarkan dengan serunya petualangan yang kamu dapatkan. Terkadang di saat musim liburan tiba, biaya pesawat  sangat mahal. Untuk kamu yang punya waktu liburan yang lebih panjang bisa mencoba jalur laut kendari wakatobi.

Dari pulau Wanci kamu bisa berkeliling ke Pulau kalidupa, tomia dan binongko menggunakan kapal nelayan atau kapal reguler. Harga makan seafood disini relatif murah,  karena kondisi lautnya yang masih sehat, untuk makan ikan ikan segar, kamu hanya mengeluarkan biaya 15-20 ribu rupiah.

Banyak penginapan yang sangat murah, mulai kelas Homestay dan hotel. Harga sekali menginap mulai 150.000 – 700.000 untuk kelas hotel. Harga segini sudah termasuk sarapan pagi. Harga yang sangat  ideal untuk traveler dengan budget backpacker.  Sudah siap ke pulau wakatobi?