Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Dan Pentingnya Internet Sehat


Internet sudah menjadi kebutuhan sehari – hari di era digitalisasi ini. Ada dampak internet yang selalu menunggu di depan. Sadar atau tidak, mungkin kita sendiri sudah melakukannya.


Banyak konten negatif bahkan yang merupakan budaya barat yang dengan mudah dapat diakses lewat internet. Nah untuk saat sekarang ini orang lebih mengenal dengan istilah internet positif yang diberlakukan oleh pemerintah


Yang dimaksud dengan internet sehat adalah

Cara seseorang menggunakan internet dengan bijak dalam mengakses informasi yang positif dan tidak mengakses hal-hal yang berbau negatif yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.


Tujuan dari internet sehat

Seharusnya kita selalu sadar dengan dampak negatif dari internet jangan sampai internet yang seharusnya dapat membuat kita menambah wawasan, malah membuat kita ikut ikutan menggunakan internet yang negatif.


Tujuan dari internet sehat, sangat banyak diantaranya

Tercapainya internet yang aman dan dapat diakses oleh segala usia

Karena dengan adanya internet positif dapat menjamin keamanan, perlindungan dan juga penghematan. Tak hanya itu kita juga dapat memperoleh perlindungan terhadap konten yang ilegal, atau berisi banyak virus sehingga kita tetap aman berselancar dijejaring internet.


Moral tetap terjaga

Dengan menggunakan intenet dengan sehat, secara tidak langsung kita telah menjaga nilai-nilai etika dan juga segala kaidah yang mampu merusak citra negara indonesia.


Hemat dari segala pemborosan

Bayangkan, kalau konten konten yang kita konsumsi itu tidak bermanfaat, tentunya kita sangat rugi, bukan saja hanya rugi waktu, tetapi juga kita dapat membuat diri kita boros mengkonsumsi internet.


Ciptakan internet sehat di lingkungan keluarga

Lindungi anak dari internet negatif

Anak adalah kebanyakan korban dari kejahatan internet,
Dampak buruk dari internet ini sendiri bisa merubah psikologis anak
Banyak anak anak menjadi autis karena kesehariannya hanya di sibukkan dengan akses internet.

Peran orang

Aktifitas internet sehat sebaiknya mulai di terapkan sejak dini, disini peran orang tua sangat dibutuhkan dalam mewujudkan aktifitas internet yang sehat. Jangan sampai anak kita sendiri menjadi salah satu korban internet negatif.

Apa saja yang harus diperhatikan?

Untuk menciptakan internet sehat di lingkungan keluarga, ada hal yang haru kita perhatikan.


Pengawasan

Jika di rumah kita ada anak di bawah umur, sebaiknya gunakan internet bersama dengan anggota keluarga lain yang lebih dewasa. Bisa juga tempatkan komputer di ruang keluarga atau di tempat yang mudah diawasi oleh kita. Perlu juga penjadwalan/pembatasan waktu untuk anak dalam menggunakan internet.

Cek sarana komunikasi

Pelajari sarana komunikasi yang digunakan anak, seperti media sosial atau konten konten yang mereka tonton. Orang tua bisa bertanya, sejauh mana mereka memahami internet, cara menggali informasi yang bermanfaat, sekaligus batasi media sosial yang mereka boleh dan tidak boleh digunakan.

Berikan penjelasan

Berikutnya, berikan pengertian kepada seluruh anggota keluarga untuk tidak menanggapi/menjawab setiap e-mail ataupun private chat dari orang yang tak dikenal, termasuk tidak membuka file kiriman dari siapapun dan dalam bentuk apapun. Karena kita tau banyak cara para hacker untuk membobol data data penting dari aktifitas klik tautan.

Tegas

Yang paling penting adalah bagaimana kita bisa tegas dan berkomitmen kepada siapapun yang menggunakan internet di rumah. Sampaikan untuk tidak memberikan data pribadi/keluarga, alamat rumah/sekolah,nomor telepon, tanggal lahir, password dan data diri lainnya kepada orang yang tak dikenal, ataupun saat mengisi informasi data diri di situs personal, blog ataupun situs lainnya di internet

Melindungi keluarga dari potensi  dampak negatif/bahaya di internet

Tantangan terbesar dalam menghadapi perkembangan zaman ini adalah keamanan dalam mengakses informasi yang ada di internet


Sebagai orang tua, kitalah yang harus menentukan aturan main dalam berinternet. Mulai menentukan berapa lama anak boleh melakukan aktivitas online hingga situs mana saja yang boleh dikunjungi.


Jika mereka sudah bermain gadget berjam-jam, orangtua  bisa sesekali cek aktifitas anak,


Apa sebenarnya yang mereka lihat. Kalau mereka sudah keluar jalur dari kepentingan informasi dan pendukung belajar maka anak-anak harus diperingatkan.


Kalau perlu siapkan sanksi, agar sejak dini anak anak bisa mengerti pentingnndan bahayanya jika mengakses intenet sembarangan.


Dalam melindungi keluarga dari potensi dampak buruk di internet, Kita dapat mengikuti beberapa  kiat agar keluarga tidak menjadi korban .


Meningkatkan pengetahuan orangtua

Orangtua seharusnya tahu situs-situs apakah yang memberi manfaat di internet bagi anggota keluarga dan situs apa yang justru akan merugikan bagi mereka.


Dengan demikian orangtua dapat mengarahkan anggota keluarga untuk menggunakan akses internet secara sehat.


Kondisi ini harus dipahami para orangtua di lingkungan keluarga. Kita tidak bisa menghindari tuntutan jaman untuk selalu menambah pengetahuan kita tentang teknologi digital.


Jika hal ini tidak dilakukan, orangtua akan kesulitan untuk memberikan tuntunan bagi anak-anak mereka dan tidak bisa melindungi mereka dari dampak negatif penggunaan teknologi digital.


Dengan kata lain orangtua perlu belajar memahami teknologi digital secara terus menerus.


Tips internet sehat dan aman untuk keluarga

1. Tetapkan aturan main saat menggunakan internet di rumah.
buat aturan bersama dan patuhi, bila prlu, berikan sanksi tegas bagi yang melanggar.


2. Blokir situs dewasa dengan filter safesearch.
orang tua bisa memanfaatkan fitur aman dari google untuk menghindari konten pornografi dan kekerasan. Agar anak aman dalam mengakses internet.


3. Akses youtube kids
Youtube kids bisa menjadi opsi bagi anak-anak untuk mengakses konten yang aman di youtube. Di aplikasi ini, orangtua bisa mengontrol konten-konten yang bisa diakses. Selain karena video dan channel yang tersedia hanya untuk anak-anak, orangtua juga bisa memasang timer untuk mengatasi waktu menonton mereka. Orangtua juga bisa memantau dan mengetahui video yang ditonton anak melalui fitur "tonton lagi", dan menonaktifkan fitur penelusuran.

4. Batasi waktu bermain internet anak agar tidak kecanduan

Saat anak bermain internet, para orang tua juga wajib mengatur durasi waktunya. Dengan memberikan batasan waktu sesuai tingkat usianya.

5. Sebisa mungkin selalu dampingi saat anak menggunakan internet

Anak kecil tentu belum paham benar tentang baik dan buruknya internet. Oleh karena itu mereka harus didampingi ketika browsing supaya bisa menyaring dan memberi pemahaman tentang apa saja yang dilihat atau dibacanya.