Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

 4 Destinasi Wisata Sultra Masuk Nominasi ADWI 2021

Kota Baubau Sulawesi Tenggara

KENDARI - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno merilis 300 besar desa wisata yang masuk dalam ajang Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2021. 

Dari 300 desa, ada empat desa wisata di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang masuk dalam nominasi penganugerahan desa wisata terbesar di Indonesia tersebut.

Keempat desa tersebut yakni Desa Wisata Sani-sani Kecamatan Samaturu Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) dan Desa Wisata Wabula Kecamatan Wabula Kabupaten Buton.

Kemudia Desa Wisata Liya Togo Kecamatan Wangi-Wangi Selatan Kabupaten Wakatobi serta Desa Wisata Limbu Wantiro di Kota Baubau.

Sandiaga Uno mengatakan, dari 1831 desa wisata yang mendaftar sejak Juni hingga Juli 2021 lalu, terdapat 300 yang lolos berdasarkan penilaian dewan kurator terhadap tujuh kategori penilaian.

"Melebihi dari target 700 desa wisata sebelumnya. Hal ini merupakan apresiasi dan antusiasme yang sangat tinggi, dari para pengelola desa wisata di seluruh Indonesia," kata Sandiaga, melaui keterangan persnya, Kamis 19 Agustus 2021. 

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi.

Untuk diketahui, tujuh kriteria yang menjadi penilaian dalam ajang ADWI 2021 yaitu penerapan CHSE (cleanliness, health, safety, and environmental sustainability), desa digital, suvenir (kuliner, fesyen, kriya), daya tarik wisata (alam, budaya, buatan), konten kreatif, homestay dan toilet.

Penulis: Yeni Marinda