Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Wisata Aman dan Nyaman yang Bisa Anda Terapkan

Berwisata bersama dengan keluarga memanglah hal yang begitu menyenangkan. Selain kelancaran berwisata, keamanan dan bepergian juga harus diperhatikan. Nah agar Anda bersama tetap aman dalam berwisata. Sebaiknya baca dulu beberapa tips wisata aman yang tersedia pada penjelasan di bawah ini.

Survey lokasi

Tips wisata aman yang pertama adalah melakukan survey lokasi terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar Anda bersama keluarga lebih yakin apakah destinasi wisata yang akan dituju memang seperti apa yang dibayangkan.

Anda bisa melakukan survey melalui informasi yang tersedia di buku, internet atau melalui agen wisata terpercaya.

Lakukan pemesanan jauh-jauh hari

Akan lebih baik jika Anda melakukan berbagai macam pemesanan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Mulai dari pemesanan tiket transportasi jika memang harus menggunakan moda transportasi umum.

Anda juga bisa memesan tempat menginap seperti hotel atau tempat penginapan lainnya. Lalu Anda juga bisa mencoba memesan transportasi seperti mobil atau motor di daerah tersebut agar perjalanan Anda semakin terjamin.

Melakukan pemesanan jauh-jauh hari juga bisa memberikan keuntungan bagi Anda. Bahkan mungkin Anda akan bisa memperoleh diskon.

Hindari musim liburan

Melakukan berwisata ketika musim liburan mungkin terlihat menyenangkan. Namun sebaiknya pikir dua kali karena kebanyakan akan ada lonjakan kenaikan harga dibandingkan hari biasa atau low season. Di sisi lain, menghindari musim liburan juga akan membuat wisata yang Anda lakukan lebih bisa leluasa.

Bawa uang tunai

Terbilang sepele namun membawa uang tunai ketika liburan kerap kali dilupakan. Usaha untuk tetap membawa uang tunai sebagai media pengatur pengeluaran. Sebab kerap kali kita akan merasa lupa seberapa besaran rupiah yang dikeluarkan ketika berbelanja. Dengan adanya uang tunai, kita akan lebih mudah mengetahui besaran rupiah yang sudah dikeluarkan.

Catat semua pengeluaran

Terakhir, Anda bisa mencoba untuk mencatat pengeluaran dari awal hingga akhir liburan. Bahkan ketika berbelanja, Anda juga bisa mencoba membuat rekap pengeluaran. Hal ini dilakukan agar dana yang Anda miliki tidak melebihi target.

Itulah beberapa tips wisata aman yang bisa Anda lakukan bersama keluarga agar nyaman dan kebahagiaan tetap bisa didapatkan ketika berlibur.