Ini Fakta Unik Tentang Tren Pariwisata Milenial Indonesia
foto pixabay.com |
Berwisata dinilai menjadi salah satu kebutuhan, hal ini berlaku pula bagi masyarakat Indonesia. Di mana tiap tahunnya mereka didapati meluangkan waktu libur untuk berwisata. Hal ini bisa dilihat dari meningkatkan perjalanan wisata, terutama selepas dilonggarkannya peraturan beraktivitas keluar rumah di masa pandemik. Menariknya ada fakta-fakta unik seputar tren pariwisata milenial Indonesia yang mulai biasa dilakukan. Apa saja kira-kira? Yuk cari tahu!
Begini Tren Pariwisata Milenial Indonesia
Setelah sempat
terisolasi karena pandemi, kini masyarakat Indonesia pun seolah ingin merayakan
kebebasannya dengan melancong ke tempat-tempat baru. Para kaum milenial siapa
sangka memiliki tren tersendiri yang menyibak fakta-fakta unik sebagai berikut:
1.
Para Milenial Prever Liburan Bareng Keluarga
Fakta unik tentang tren pariwisata milenial Indonesia pertama adalah
lebih senang berlibur bersama keluarga. Fakta ini didapat dari hasil survei
yang menunjukkan sebanyak 88% responden berwisata di waktu tertentu seperti
tanggal merah, pertengahan tahun, atau akhir tahun. Adapun dominan responden
yakni sebesar 66% berwisata dengan keluarga, hanya 20% saja yang berwisata
bersama teman dan 9% bersama kekasih.
2.
Mengambil Foto dan Video Hal Paling Penting
Saat Liburan
Bagi milenial momen liburan menjadi kesempatan tepat mengambil foto dan
video lalu mengunggahnya ke media sosial. Saat liburan kaum milenial selalu
ingin mengabadikan tiap momen perjalanan, bahkan sebelum sampai ke tempat
tujuan. Konon alasannya untuk menciptakan kenangan.
Foto atau video yang diambil bisa tentang apa saja. Mulai dari pemandangan,
makanan, atraksi wisata, atau kegiatan lainnya. Karenanya bisa disimpulkan jika
mengambil foto dan video jadi hal paling penting selama liburan.
3.
Kebiasaan Menyimpan dan Membagi Informasi
Wisata Lewat Media Sosial
Fakta unik berikutnya tentang kebiasaan milenial yaitu menyimpan dan
membagi informasi wisata melalui media sosial. Pengalaman wisata cenderung
dibagikan di media sosial. Bahkan tidak jarang terkesan seperti berlomba-lomba
membuat konten paling bagus. Di mana biasanya para milenial juga mendapat
inspirasi dari konten digital yang dilihat di media sosial.
4.
Media Sosial Jadi Sumber Referensi
Masih berkaitan dengan poin 3, dalam merencanakan perjalanan wisata kaum
milenial ternyata kerap menjadikan media sosial sebagai sumber referensi. Kaum
milenial berburu informasi dari Instagram, Facebook, dan Youtube.
5.
Destinasi Wisata Domestik Masih Populer
Fakta unik tren pariwisata milenial Indonesia terakhir ternyata wisata
domestik masih tetap populer. Meski memiliki budget cukup para milenial menilai keunikan tempat wisata Indonesia
tidak terkalahnya, terutama wisata alamnya. Banyak budaya yang bisa dipelajari
saat menjelajahi daerah baru di dalam negeri.